Kategori
Tidak Dikategorikan

Intrumen pasar modal

SAHAM DAN VALUASINYA

By Faiz Arif Jamil, M.Ak

Pasar Modal memiliki peran penting bagi perekonomian suatu negara karena pasar modal menjalankan dua fungsi, yaitu:

1.Sebagai sarana bagi pendanaan usaha atau sebagai sarana bagi perusahaan untuk mendapatkan dana dari masyarakat pemodal (investor).
2.Pasar modal menjadi sarana bagi masyarakat untuk berinvestasi pada instrument keuangan.

SAHAM
 Saham merupakan salah satu surat berharga yang diperdagangkan di pasar modal yang bersifat kepemilikan.
 Saham adalah tanda penyertaan modal seseorang atau pihak (badan usaha) dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas (Bambang Susilo, 2009:27)
 Dengan menyertakan modal (saham), maka pihak tersebut memiliki klaim atas pendapatan perusahaan (www.idx.co.id).

A. SahamBiasa(commonstock)merupakanjenisefekyangmenempatkan pemiliknya paling akhir terhadap pembagian dividen, dan hak atas harta kekayaan perusahaan apabila perusahaan tersebut dilikuidasi.
HAK HUKUM

  1. Tidak memiliki hak istimewa.
  2. Hak klaim pada urutan terakhir atas aktiva perusahaan jika perusahaan di likuidasi.
  3. Memiliki hak suara proporsional pada pemilihan direksi serta keputusan lain yang
    ditetapkan pada RUPS.
  4. Mendapat dividen jika perusahaan memperoleh keuntungan dan disetujui oleh
    RUPS.
  5. Memiliki hak memesan efek terlebih dahulu sebelum efek tersebut ditawarkan
    kepada masyarakat. jika perusahaan melakukan penjualan saham baru. B. Saham Preferen (preferrend stocks) merupakan saham yang memiliki karakteristik gabungan antara obligasi dan saham biasa, diberikan hak untuk mendapatkan deviden dan/atau bagian kekayaan pada saat perusahaan dilikuidasi lebih dahulu dari saham biasa, disamping itu mempunyai preferensi untuk mengajukan usul pencalonan direksi/komisaris.
    HAK HUKUM
  6. Memiliki hak utama atas aktiva perusahaan.
  7. Memiliki hak utama atas dividen.
  8. Pembayaran dividen dalam jumlah yang tetap.
  9. Jangka waktu yang tidak terbatas.
  10. Meiliki hak klaim lebih dahulu dibanding saham biasa jika perusahaan dilikuidasi. 6. Tidak memilik hak suara dalam RUPS.
  11. Saham preferen kumulatif.
  12. Dapat dikonversikan menjadi saham biasa. Dilihat dari cara peralihannya saham dapat dibedakan atas:
    I. Saham Atas Unjuk (bearer stock), adalah saham yang pada lembar kertas tersebut tertulis nama pemiliknya, agar mudah dipindahtangankan dari satu investor ke investor lainnya.
    II. Saham Atas Nama (registered stocks) adalah saham yang pada lembar kertas tersebut tertulis nama pemiliknya. Jika ingin mengganti nama harus melalui prosedur tertentu. a. Capital Gain adalah selisih positif antara harga jual dengan harga beli. Contoh harga beli Rp4.200 diJual Rp4.300 = Capital Gain sebesar Rp100,- (belum termasuk pajak dan komisi).
    b. Dividen adalah sebagian keuntungan perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham. jumlah dividen yang akan dibagikan diusulkan oleh Dewan Direksi dan disetujui dalam RUPS.
    Jenis dividen terdiri atas:
    Dividen Tunai
    Dividen Saham
    Dividen Bonus (selisih positif antara harga jual terhadap harga nominal saham pada perusahaan meelakukan penawaran umum di pasar perdana). Berikut merupakan risiko memiliki saham:
  13. Tidak mendapatkan dividen: jika perusahaan tidak bisa menghasilkan keuntungan (laba), maka perusahaan tidak akan membagikan dividen berdasarkan RUPS.
  14. Capital Loss: selisih negatif antara harga jual dengan harga beli.
  15. Risiko Likuidasi: jika emiten bangkrut (dilikuidasi), para pemegang saham memiliki hak klaim terakhir terhadap aktiva perusahaan setelah seluruh kewajiban emiten dibayar.
  16. Saham Delisting dari Bursa: karena beberapa alasan tertentu, saham dapat dihapus pencatatannya (delisting) di bursa, sehingga saham tersebut tidak dapat dipergunakan. Kita sedang berhadapan dengan tingkat pengembalian yang diharapkan: Tingkat Pengembalian Yang diharapkan
    Imbal hasil
    = Dividen yang + diharapkan
    ̂rs=D1 +g P0
    Tingkat pertumbuhan, atau
    Imbal hasil keuntungan Modal yang diharapkan Jika anda membeli suatu saham dengan harga P0 = Rp23, dan jika anda berharap saham tersebut membayarkan dividen sebesar D1 = Rp1,242 satu saham dari sekarang dan tumbuh dengan tingkat konstan sebesar g = 8% di masa depan, maka tingkat pengembalian yang anda harapkan akan menjadi 13,4 persen:
    ̂rs =Rp1,242 +8%=5,4%+8%=13,4% Rp23
    KETERANGAN
    ̂rs = total pengembalian yang diharapkan
    D1/P0 = 54% Imbal hasil dividen yang diharapkan
    g = 8%Tingkat pertumbuhan atau keuntungan modal yang diharapkan • Saham adalah tanda penyertaan modal seseorang atau pihak (badan usaha) dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas (Bambang Susilo, 2009:27)
    • Keuntungan jual beli saham adalah (Capital Gain) selisih positif antara harga jual dengan harga beli.
    • Sedangkan resiko jual beli saham (Capital Loss) selisih negatif antara harga jual dengan harga beli.

Oleh Faiz Arif Jamil

Like literature & musik

Tinggalkan komentar